Teknologi Terbaru Spacex: Falcon 9

Elon Musk adalah seorang pelopor pembuatan roket pendorong yang bisa digunakan berkali-kali. Roket tersebut adalah teknologi terbaru dari Spacex.  Teknologi hari ini berkembang secara pesat yang mana kita bahkan hampir tidak bisa untuk mengikuti berbagai perkembangan tersebut.
Salah satu teknologi terbaru yang baru-baru ini muncul adalah roket yang bisa mendarat kembali sehingga bisa digunakan berkali-kali untuk ekspedisi luar angkasa. Roket tersebut bernama falcon 9 buatan perusahaan antariksa swasta amerika bernama spacex
Jika dahulu kala roket pendorong harus terus dibuat kembali untuk peluncuran roket dan akhirnya membuat biaya eksplorasi luar angkasa menjadi mahal, spacex berhasil merubah tradisi tersebut dengan cara membuat roket yang bisa dipakai berkali-kali sehingga bisa meringankan beban biaya ekspedisi luar angkasa. Berikut adalah teknologi terbaru Spacex, Falcon 9.
1. Mampu membawa muatan yang berat
Jika selama ini roket konvensional nasa hanya mampu membawa lima awak dan beberapa kilogram peralatan untuk satelit dan suplai untuk stasiun luar angkasa, falcon 9 merupakan roket terbesar dalam sejarah manusia yang bisa membawa puluhan awak dan juga  berton-ton barang-barang yang nantinya sangat berguna untuk kolonisasi planet mars, seperti yang elon musk impikan.
2. Efisien
Roket konvensional biasanya akan membutuhkan banyak sekali bahan bakar karena roket pendorong mereka belum terlalu efisien. Roket falcon 9 menggunakan teknologi yang memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit karena roket ini sangat efisien sehingga akan memperkecil biaya pengiriman barang ke luar angkasa.
3. Bisa digunakan berkali-kali
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, roket pendorong falcon 9 bisa digunakan berkali-kali karena roket tersebut akan kembali lagi ke titik peluncuran secara utuh setelah roket mencapai atsmosphere.  Hal ini jelas akan meringankan biaya peluncuran roket karena biasanya roket pendorong akan dihancurkan dan tidak bisa digunakan lagi dan harus dibuat lagi untuk peluncuran selanjutnya.

Berkat teknologi terbaru dari spacex, eksplorasi luar angkasa bisa semakin murah dan akan semakin banyak pihak yang melakukanya dan akhirnya teka-teki semesta bisa semakin cepat terjawab oleh manusia.

Comments

Popular posts from this blog

3 Teknologi Canggih Untuk Berkebun

Berbagai Jenis Teknologi Yang Perlu Anda Ketahui